Cara Mudah Menambahkan Link Nofollow di WordPress – Best Tutorial

WordPress tidak memiliki fitur untuk menambahkan link Nofollow.Yang ada hanya option untuk membuat link terbuka di tab baru.

Jika ingin menambahkan link Nofollow kita harus memakai text editor mode html (code Editor), atau pakai plugin yang khusus untuk membuat link nofollow.

Lalu bagaimana cara menambah link Nofollow dalam wordpress tersebut?

Ikuti terus panduan ini, dalam artikel ini saya akan membahas tutorial cara menambahkan link nofollow di WordPress baik menggunakan editor gutenberg ataupun editor classik, serta menambah link nofollow di menu, sidebar, komentar, baik secara otomatis maupun manual.

Apa Itu Link Nofollow

Dalam artikel kita bisa menambahkan link baik itu link external ataupun link internal / link ke postingan lain dalam blog kita.

Ada dua jenis link dalam artikel satu link dofollow (follow) kedua link Nofollow.

Link nofollow adalah jenis link yang memberi tahu mesin pencari untuk tidak meneruskan otoritas tautan apa pun dari halaman Anda ke website lain yang Anda tautkan. 

Anda dapat mengubah link apa pun menjadi link nofollow dengan menambahkan atribut link rel = ”nofollow”.

Dalam peraktek SEO link dofollow (follow) akan memberikan poin seo halaman anda ke link yang dituju ini disebut sebagai Link Juice (backlink).

Jadi agar seo konten anda tidak terbagi sebaiknya anda gunakan link dalam konten anda link Nofollow. Kecuali anda memang ingin memberikan backlink terhadap website yang dituju.

Bagaimana cara memeriksa link nofollow?

Semua link nofollow harus mengandung atribut HTML rel = “nofollow”.

Berikut ini contoh kode HTML tautan nofollow:

<a href=”https://google.com” rel=”nofollow”>Google</a>

Untuk memeriksa apakah atribut nofollow ditambahkan ke link di website anda, Anda perlu membawa mouse Anda ke link tersebut, klik kanan pada link, lalu pilih Inspect Element di browser Anda.

Cek Link Nofollow

Jendela browser Anda sekarang akan dibagi menjadi dua bagian.

Di jendela bawah, Anda akan dapat melihat kode sumber HTML link tersebut bersama dengan atributnya jika nofollow aka ada tulisan rel=”nofollow”.

Kapan Anda Harus Menambahkan Link Nofollow?

Sebagai praktik terbaik, Anda harus menambahkan nofollow ke semua website eksternal yang tidak Anda percayai.

Dan benar-benar direkomendasikan untuk menautkan ke website otoritas seperti Wikipedia, Google Bantuan, dll tanpa atribut nofollow karena menautkan ke situs otoritas membantu menambah kredibilitas ke blog Anda sendiri.

Berikut adalah beberapa kasus kenapa Anda harus selalu menambahkan atribut nofollow ke dalam external link:

Afiliasi dan LinkSponsor

Kebanyakan blogger menghasilkan uang secara online menggunakan pemasaran afiliasi (Affiliated Marketing).

Link afiliasi adalah link pelacak untuk produk dan layanan yang Anda rekomendasikan dan dapatkan komisi rujukan jika seseorang membeli dari link Anda.

Jika anda menggunakan link afiliasi dalam konten anda sebaiknya anda menambahkan atribut nofollow ke link tersebut.

Cara populer blogger lainnya menghasilkan uang adalah dengan menambahkan link sponsor. Anda harus selalu menambahkan nofollow ke link sponsor karena jika tidak, mesin pencari dapat menganggap situs Anda sebagai penjualan link / spam.

Eksternal Link

Terkadang, Anda dapat menautkan ke sumber eksternal untuk memberikan referensi ke pernyataan Anda. agar pernyataan anda lebih dipercaya.

Karena Anda tidak dapat mengontrol konten di website external tersebut, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan nofollow ke dalam linknya.

Dengan kata sederhana, Anda memberi tahu mesin pencari bahwa Anda menautkan ke suatu sumber, tetapi itu bukanlah sesuatu yang dapat Anda yakini.

Link Sidebar

Beberapa blogger menambahkan daftar eksternal link atau link afiliasi ke sidebar blog WordPress mereka. Eksternal link ini dapat dari situs otoritas atau website yang mereka percayai.

Masalahnya adalah setiap kali halaman baru dibuat di situs Anda, Anda membuat backlink baru untuk website tersebut dari sidebar Anda.

Sangat penting untuk membuat link ini sebagai link nofollow dan memastikan bahwa Anda tidak meneruskan Juice SEO dari setiap halaman anda ke link tertentu.

Bagaimana cara menambah link Nofollow?

Sebenarnya untuk menambahkan link Nofollow dalam wordpress sangatlah mudah anda bisa memakai plugin yang akan otomatis membuat semua external link akan menjadi link Nofollow.

Tapi jika malas pakai plugin bisa saja langsung menambah link Nofollow dari editor wordpress.

Cara Menambahkan Link Nofollow di WordPress Gutenberg

Karena Gutenberg adalah editor WordPress masih baru, plugin nofollow lama untuk WordPress belum kompatibel dengan editor gutenberg.

Saat ini, satu-satunya cara untuk menambahkan link nofollow di Gutenberg adalah dengan melakukannya secara manual.

Mari kita lihat proses langkah demi langkah tentang cara menambahkan link nofollow di postingan atau halaman WordPress Gutenberg.

Pertama, Anda harus ke menu Post » Add New dari sidebar kiri panel admin Anda.

Pada halaman ini, Anda perlu memilih teks yang ingin Anda tambahkan link, dan kemudian klik ikon “rantai / link”.

Ini akan membuka bidang teks tepat di bawah teks yang dipilih. Anda dapat menempelkan link eksternal langsung di dalam kotak ini.

Jika Anda ingin link terbuka di tab baru ketika di klik, maka Anda perlu mengklik ikon panah ke bawah. Ini akan membuka menu di mana Anda harus mengklik kotak sakelar “Open in New Tab”.

Menambah Link di Gutenberg

Setelah selesai, Anda dapat mengklik ikon apply atau Enter untuk menambahkan link.

Untuk menambahkan atribut nofollow ke link ini, Anda harus memilih blok yang berisi link tadi dan kemudian klik pada 3 titik vertikal yang ada di bar bagian atas. Ini akan membuka menu tempat Anda perlu mengklik opsi Edit as HTML.

edit as html

Anda sekarang akan melihat kode HTML link Anda. Silakan menambahkan atribut= “nofollow” ke elemen link.

Jika Anda melihat atribut rel = ” noreferrer noopener” dalam kode HTML, kemudian tambahkan spasi setelah noreferrer dan tempelkan atribut= “nofollow” setelah itu.

tambah atribut nofollow

Setelah selesai, Anda dapat mengklik ikon 3 titik vertikal lagi dan pilih opsi Edit visually untuk kembali ke format visual.

Ini akan mengkonversi link normal ke link nofollow. Anda dapat mengikuti proses yang sama untuk menambahkan atribut nofollow ke semua link eksternal lainnya.

Cara Menambahkan Link Nofollow di WordPress Editor Classic

Meskipun disarankan untuk update ke versi WordPress yang lebih baru, beberapa pengguna masih lebih suka menggunakan Editor Klasik untuk menulis postingan mereka.

Berbeda dengan editor default gutenberg, Anda dapat dengan mudah menambahkan tautan nofollow di Editor Klasik dengan bantuan plugin.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Title dan Nofollow For Links

Anda dapat mengikuti panduan kami tentang cara memasang plugin WordPress ini agar paham cara install dan mengaktifkan plugin WordPress.

Plugin ini tidak memiliki pengaturan untuk Anda konfigurasikan.

Buka Post » Add New untuk membuat postingan baru. Anda perlu menambahkan beberapa teks ke editor postingan dan memilih teks yang ingin Anda sisipkan link.

Selanjutnya, klik ikon Link/Rantai yang ada di bilah alat.

Setelah itu Anda dapat menambahkan link eksternal ke bidang kotak di bawah dan klik ikon roda gigi untuk membuka pengaturan Link.

Setelah anda klik akan terbuka jendela insert/edit link di mana Anda akan melihat kotak centang nofollow tepat di bawah opsi “Open link in a new tab”.

Dengan mencentang pilihan add rel nofollow Anda akan menambahkan atribut nofollow ke link tersebut. Ini sangat cocok untuk pengguna yang tidak bisa mengedit kode HTML.

Sebagian besar blogger memilih kotak centang “Open link in a new tab” juga saat menambahkan link eksternal. Ini adalah cara terbaik untuk mengurangi rasio bounce rate dan menjaga pengunjung agar tidak meninggalkan blog Anda begitu saja.

Cara Menambahkan Link Nofollow Secara Manual di WordPress

Anda telah belajar cara menambahkan link nofollow di editor Gutenberg secara manual. Namun, metode itu hanya berguna ketika Anda ingin menambahkan atribut nofollow ke beberapa link saja.

Jika Anda memiliki banyak link eksternal dan link afiliasi dalam postingan Anda, maka Anda harus beralih ke Code Editor untuk menambahkan atribut nofollow agar lebih cepat.

Cukup, klik pada ikon 3 titik vertikal, yang ada di sudut kanan atas halaman. Ini akan membuka menu dropdown di mana Anda perlu memilih opsi Code Editor.

bisa juga pakai keyboard dengan menekan tombol Ctrl+shift+alt+M

masuk ke Code Editor

Anda sekarang akan melihat kode HTML postingan tersebut. Selanjutnya, cari semua link eksternal dan link afiliasi dan kemudian tambahkan atribut nofollow ke semuanya.

Setelah selesai, Anda harus mengklik link “Exit Code Editor” untuk kembali ke editor visual.

exit code editor

Jika Anda menggunakan Editor Klasik, maka Anda dapat dengan mudah menggunakan plugin untuk menambahkan link nofollow. seperti plugin yang saya sebutkan diatas.

Namun, Anda juga dapat menambahkan link nofollow secara manual.

Untuk melakukannya, Anda perlu beralih ke Editor Text dengan mengklik pada tab Text. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan artibut= ”nofollow” ke link apa pun yang ada dalam postingan tersebut.

Editor Text Classic

Untuk kembali ke editor visual, Anda harus mengklik pada tab Visual, tepat di samping tab Text.

Bagaimana cara menambah link nofollow di Menu WordPress?

Beberapa blogger dan pemilik situs dapat menambahkan link eksternal ke menu navigasi blog mereka.

Meskipun menambahkan atribut nofollow ke menu WordPress sangat sederhana, namun pengaturannya tidak terlihat secara jelas.

Mari kita lihat bagaimana cara menambahkan link nofollow di menu navigasi WordPress.

Pertama, Anda perlu mengklik Appearance » Menus dari sidebar kiri panel admin WordPress Anda.

Baca : Tutorial Cara Membuat Menu di WordPress

Selanjutnya, pilih menu tempat Anda ingin menambahkan eksternal link dan kemudian klik tombol Select untuk membukanya.

Setelah itu, Anda perlu mengklik tab “Custom Links” untuk menambahkan link text dan URL eksternal link.

Setelah selesai, Anda perlu mengklik tombol “Add to Menu” untuk membuat item menu baru.

Custom Link di Menu

Eksternal link sekarang akan muncul di kolom Struktur Menu bersama dengan item menu lainnya.

Selanjutnya, klik tombol Screen Options di sudut kanan atas layar dan pilih opsi link relationship (XFN) dan Link Target.

screen options menu wordpress

Sekarang gulir kembali ke bawah dan klik ikon panah ke bawah dari item menu yang baru anda buat untuk mengembangkannya.

Di sini Anda akan menemukan opsi “link relationship (XFN)” dan “Open Links in a New Tab”, tepat di bawah kolom teks Label Navigasi.

Untuk menambahkan atribut nofollow, Anda perlu menulis nofollow di kotak teks Link Relationship (XFN). Anda juga dapat mencentang opsi “Open Links in a New Tab” jika Anda ingin link ini terbuka di tab baru.

add nofollow link di menu

Terakhir, klik tombol Save Menu untuk menyimpan perubahan. Ini akan menambahkan atribut nofollow ke link eksternal di menu WordPress Anda.

Bagaimana cara membuat semua eksternal Link Nofollow secara otomatis?

Beberapa pengguna WordPress ingin secara otomatis menambahkan atribut nofollow ke semua link eksternal di blog mereka.

Sebagian besar solusi untuk hal ini dilakukan dengan bantuan JavaScript, tapi ini tidak bagus oleh Google dan SEO situs Anda.

Sebagai gantinya, Anda harus menginstall plugin supaya semua external link menjadi nofollow secara otomatis.

Jika Anda khawatir tentang bagian komentar, maka kabar baiknya adalah bahwa WordPress sudah menambahkan atribut nofollow ke semua link komentar secara default.

Menambah Link Nofollow dengan Plugin

Jika Anda masih mencari solusi untuk secara otomatis membuat semua link External jadi nofollow, maka Anda dapat menggunakan plugin noffolow link.

  • Plugin External Links

Plugin external link akan menambahkan atribut rel = ”nofollow” ke semua External link pada postingan, halaman, menu navigasi, dan sidebar.

Untuk menginstal plugin External Links , buka Plugins » Add New dari sidebar kiri panel admin Anda.

Cari plugin External Links install dan aktifkan.

Setelah aktivasi, Anda harus pergi ke halaman Pengaturan » External Links

Di sini Anda perlu memilih kotak centang “Add rel NoFollow” untuk menjadikan semua link external jadi nofollow.

Jika Anda ingin link external terbuka di tab baru, maka Anda harus memilih kotak centang “Open Out bound link in new window” juga.

Plugin ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan daftar domain dan subdomain yang tidak dibuat rel nofollow.

Untuk melakukan itu, Anda perlu menggulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan kemudian menambahkan domain, dipisahkan dengan koma atau spasi, ke area teks “Domains to Exclude”.

Setelah selesai, Anda harus mengklik tombol Save Change untuk menyimpan pengaturan.

Itu saja! Plugin ini sekarang akan membuat semua external link menjadi nofollow di situs Anda secara otomatis.

  • Plugin Ultimate Nofollow

Untuk menambah link Nofollow memakai plugin kita bisa juga pakai plugin Ultimate Nofollow, plugin ini akan menjadikan semua external link di komentar jadi Nofollow.

Dan plugin ini akan menambahkan kotak ceklis di dalam popup saat insert link di post editor wordpress. Layaknya plugin Title dan Nofollow For Links tadi.

Install plugin Ultimate Nofollow, lalu buka menu Settings » Nofollow dan silahkan centang Nofollow all links in comments?. Jangan lupa klik tombol ‘Save Changes’.

Settingan ini akan membuat semua external link dalam komentar akan menjadi Nofollow.

Lalu untuk menjadikan atau menambahkan link Nofollow di dalam artikel menggukan plugin ini caranya cukup mudah.

Blok tulisan yang akan anda letakan link lalu klik tombol rantai 🔗

Setelah itu akan terbuka jendela popup untuk menambahkan link.

Isikan url/link nya lalu centang ‘Add rel=”nofollow” tolink’ ini akan menambahkan atribut nofollow ke link yang anda masukan.

Lalu untuk melihat hasilnya silakan beralih ke mode html lalu lihat apakah sudah ada atribut rel=”nofollow” pada link tersebut.

Jika sudah ada silakan publikasikan artikel anda.

Setelah anda menambah link Nofollow tersebut maka search engine seperti google tidak akan mengikuti link tersebut, dan link Juice anda tidak akan terbagi untuk link tersebut.

Sekian tutorial cara menambah linkNofollow di WordPress ini semoga bermanfaat.

Jika masih kurang silakan di komentar agar komentar anda saya tambahkan di artikel ini.

BikinBlog.com

Tidak perlu susah payah untuk memecahkan teka-teki SEO. Kamu hanya perlu akal sehat.⁣⁣ Salah satunya: konten berkualitas yang disukai oleh pembaca, sudah pasti disukai oleh Google.⁣⁣

Mungkin Anda juga menyukai

Apa komentar Anda