Cara Mudah Menambahkan Kode di Header dan Footer WordPress

Pernahkah Anda diminta untuk menambahkan beberapa potongan kode ke bagian <header> atau <footer> dari situs web WordPress Anda?

Seringkali Anda diminta untuk menambah kode header dan footer di WordPress. ketika mencoba berintegrasi dengan layanan web seperti Google Analytics, Facebook Pixel, Google Search Console dll.

Anda juga dapat menemukan tutorial WordPress yang mungkin meminta Anda untuk menambahkan beberapa kode kustom CSS atau kode Javascript ke header atau footer WordPress Anda.

Secara default, WordPress tidak memberikan opsi untuk memasukkan kode di header dan footer blog Anda. Untungnya ada solusi mudah untuk pemula.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan code script header dan footer di WordPress dengan mudah. 

Tujuannya adalah untuk menambahkan kode dengan aman tanpa langsung mengedit file tema WordPress Anda

Cara Terbaik untuk Menambahkan Kode Header dan Footer WordPress

Jika Anda ingin menambahkan script header dan footer WordPress, ada tiga solusi yang bisa anda lakukan:

  1. Secara manual, dengan mengedit file header.php dan footer.php tema Anda
  2. Dengan fitur kode header dan footer bawaan tema Anda
  3. Menggunakan plugin

Opsi pertama tidak pamiliar untuk pemula karena mengharuskan Anda untuk menambahkan script header dan footer dengan secara langsung mengedit file header.php dan footer.php secara manual.

Kerugian lain dari menggunakan metode ini adalah bahwa kode Anda akan dihapus jika Anda menginstal update tema Anda.

Opsi kedua menggunakan fitur bawaan tema Anda. Beberapa tema WordPress seperti Tema Elegan dan lainnya memiliki opsi bawaan untuk menambahkan kode dan skript dengan cepat ke header dan footer WordPress Anda.

Jika Anda menggunakan tema dengan fitur defaulnya, maka sepertinya solusi yang aman dan sederhana. 

Namun, jika Anda mengubah tema, maka semua cuplikan kode yang ditambahkan ke blog Anda akan hilang. 

Ini termasuk verifikasi situs di Google Search Console, analisis website melalui Google Analytics, dll.

Ini sebabnya kami selalu menyarankan pengguna untuk menggunakan opsi ketiga, sebuah plugin header dan footer. 

Opsi ini sejauh ini merupakan metode termudah dan teraman untuk menambahkan kode header dan footer di WordPress.

Jika Anda ingin menggunakan plugin bisa pakai plugin Insert Header and Footers gratis 100% untuk memungkinkan pengguna dengan mudah menambahkan kode ke header dan footer di WordPress.

plugin insert header and footer

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan plugin Insert Headers and Footers:

  • Mudah, Cepat, dan Terorganisir : Ini memungkinkan Anda menambahkan kode ke header dan footer situs Anda dengan mudah dan cepat. 
    Plus, itu akan membuat kode lebih teratur, memungkinkan Anda untuk menyimpan semua kode footer dan header dalam satu tempat.
  • Mencegah Kesalahan : Ini membantu mencegah kesalahan yang mungkin terjadi jika Anda mengedit file tema Anda secara manual.
  • Update atau Ganti Theme Anda Tanpa Khawatir : Plugin ini akan menyimpan kode header dan footer Anda di tempat yang terpisah, sehingga Anda dapat memperbarui atau mengubah tema Anda tanpa khawatir kode akan dihapus.

Dengan begitu, mari kita lihat bagaimana cara menambahkan kode di header dan footer dengan mudah di WordPress menggunakan plugin Insert Headers and Footers.

Menambahkan Kode ke Header dan Footer di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Insert Headers and Footers. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara memasang plugin WordPress

Setelah plugin diaktifkan, buka Menu Settings » Insert Header and Footer dari panel admin Anda. 

Setelah itu, Anda akan melihat dua kotak untuk menambahkan kode ke header dan footer.

masukan code di header dan footer

Cukup tempel kode di salah satu dari dua kotak. Misalnya kode ingin di letakan di header.php maka masukkan kodenya di Script in Header dan Sebaliknya.

Setelah selesai, jangan lupa klik tombol Save untuk menyimpan perubahan Anda.

Sekarang plugin akan memuat kode secara otomatis di lokasi masing-masing di situs WordPress Anda.

Anda selalu dapat mengedit dan menghapus kode apa pun yang tidak ingin Anda simpan.

Anda harus tetap memasang dan mengaktifkan plugin setiap saat. Menonaktifkan plugin akan berhenti menambahkan semua kode khusus ke situs Anda.

Jika Anda tidak sengaja menonaktifkan plugin, kode itu masih akan disimpan dengan aman di database WordPress Anda. Anda cukup menginstal ulang atau mengaktifkan kembali plugin, dan kode akan mulai muncul lagi.

Catatan: Anda mungkin harus menghapus cache WordPress Anda setelah menyimpan perubahan, sehingga kode tersebut muncul dengan benar di bagian home blog Anda.

Kami telah menemukan alasan terbesar mengapa banyak pemula menggunakan plugin Insert Headers and Footers adalah untuk menambahkan kode Google Analytics ke website mereka.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menambahkan kode header dan footer di WordPress dengan mudah semoga bermanfaat.

kode cepat footer (1)

BikinBlog.com

Tidak perlu susah payah untuk memecahkan teka-teki SEO. Kamu hanya perlu akal sehat.⁣⁣ Salah satunya: konten berkualitas yang disukai oleh pembaca, sudah pasti disukai oleh Google.⁣⁣

Mungkin Anda juga menyukai

Apa komentar Anda