Apa Sih Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org? Pemula Harus Tau

WordPress itu ada dua, wordpress.com dan wordpress.org, keduanya adalah wordpress, dua-duanya sangat populer.

Tapi manakah yang harus dipakai, apakah keduanya berbeda? Mana yang cocok untuk pemula?

Pemula pasti masih bingung tentang ini.

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap apa perbedaan dan memberitahu kelebihan dan kekurangan dari wordpress.com dan wordpress.org. Serta akan menentukan manakah yang cocok untuk anda gunakan.

Apa itu wordpress

WordPress adalah flatform blog, sebuah skrip yang berfungsi untuk membuat website berupa blog. wordpress bisa disebut aplikasi blog yang dibuat oleh Matt Mullenweg.

wordpress dibuat menggunakan bahasa pemrograman php dan database mysql. WordPress itu open source atau terbuka, semua skripnya bisa kita modifikasi.

WordPress juga digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Sejarah WordPress

Dulu sebelum ada wordpress Matt Mullenweg adalah pengguna dari b2/cafelog, tapi sayang di tengah jalan proses pengembangan b2/cafelog dihentikan oleh Michel Valdrighi.

Matt Mullenweg merasa sayang jika pengembangan b2 di hentikan dan mulai melanjutkannya. Dan pada tahun 2003 muncullah wordpress hasil kerja antara Matt Mullenweg dengan Mike Little.

WordPress dibuat open source sehingga banyak komunitas yang mendukungnya, selain itu tampilan wordpress yang menarik membuat wordpress semakin disukai.

Apakah wordpress.com dan wordpress.org berbeda?

Pertanyaan ini sering di tanyakan oleh pemula, apakah wordpress.com dan wordpress.org itu berbeda?

Sebagian orang ada yang bilang berbeda padahal kenyataannya mereka itu sama, sama-sama wordpress, sama-sama untuk membuat blog. Script (kode) yang dipakai juga sama, secara signifikan tidak ada yang berbeda.

Matt Mullenweg membuat prusahaan bernama Automattic, perusahaan ini yang menaungi keduanya WordPress.com dan wordpress.org.

Layaknya perusahaan Google yang memiliki produk seperti youtube, blogger, drive dll

Begitu juga dengan Automattic memiliki wordpress.com dan juga wordpress.org, dan juga seperti jatpack, akismet dll

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Meskipun tadi saya bilang mereka itu sama iya benar sama-sama untuk membuat blog tapi berbeda dari cara menggunakannya, serta fiturnya.

WordPress.com : digunakan untuk membuat blog gratis dan berbayar, mesin (kode) blog yang dipakai sama seperti yang di wordpress.org

Jika anda membuat blog di wordpress.com anda tidak perlu beli hosting, blog anda akan di simpan di hosting wordpress.

Alamat blog kamu juga memakai subdomain dari wordpress.com seperti namaanda.wordpress.com atau namaanda.home.blog

Boleh saja anda memakai domain sendiri (custom domain) tapi anda harus upgrade ke paket berbayar (pro).

Terus jika anda buat blog di wordpress.com fitur didalam blog juga di batasi, seperti tidak bisa install plugin terlalu banyak, tidak bisa pasang adsense, tidak bisa install theme sesuka hati kita. terus nanti ada iklan di blog kita.

Bisa tanpa dibatasi ya dengan itu tadi harus bayar perbulan/pertahun.

Keuntungan buat blog di WordPress.com

Meskipun membatasi fitur tertentu di WordPress.com tapi ada keuntungan juga kalau kita buat blog di wordpress.com

Seperti kita tidak perlu sewa hosting untuk tempat blog kita dan tidak perlu beli domain karena wordpress memberikan subdomainnya.

Jika anda berkeinginan membuat blog hanya untuk posting story, diary, cerita perjalanan, bukan untuk cari uang maka boleh saja anda pakai wordpress.com karena kita bisa dapat blog tanpa keluar uang sedikit pun.

Namun jika anda ingin membuat blog untuk mencari uang lebih baik pakai yang dari wordpress.org.

berniat buat blog di wordpress.com baca tutorial membuat blog gratis di wordpress.com ini

WordPress.org

Jika di wordpress.com anda tidak perlu sewa hosting dan beli domain beda lagi dengan wordpress.org

Jika kita memakai wordpress dari wordpress.org maka kita harus sewa hosting dan domain untuk blog kita.

Hosting untuk tempat menyimpan file blog kita, sedangkan domain alamat blog kita. contohnya bikinblog.com

Memakai wordpress.org tidak gratis karena kita harus sewa hosting, beli domain, kira-kira modal 300 ribu kita sudah bisa membuat blog wordpress dari wordpress.org

WordPress.org hanya memberikan file blog untuk kita install menjadi sebuah blog.

Jika kita memakai wordpress.org itu artinya blog kita sepenuhnya milik kita, jika di wordpress.com malah sebaliknya, blog kita masih numpang di tempat mereka, mereka bisa menghapusnya bisa mengambilnya.

Di wordpress.org tidak ada fitur yang dibatasi, kita bebas install plugin, kita bisa install theme sebanyak yang kita mau, dan juga kita bisa memasang adsense untuk menghasilkan uang dari blog kita.

Jadi jika anda mau membuat blog untuk mencari uang atau sebagai bisnis maka lebih baik pakai wordpress.org

Dengan wordpress.org kita bisa membuat blog propesional, apa yang kurang bisa di lengkapi dengan plugin, serta beribu theme yang tersedia secara gratis membuat kita bebas untuk menentukan desain blog kita.

Kelebihan WordPress.org
Kelebihan WordPress.org

WordPress sudah tak perlu diragukan lagi karena 30% situs di internet terbuat dari wordpress sedangkan yang 70% sisanya terbuat dari berbagai flatform blog, seperti jomla, drupal, blogger dan ribuan lainnya.

dalam direktori plugin wordpress.org terdapat 54.000 plugin yang bisa anda gunakan untuk mempermudah anda membuat blog seperti yang anda inginkan.

wordpress versi 5.1
wordpress versi 5.1

selain itu wordpress selalu di update oleh para developertnya sehingga dipastikan akan selalu sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.

untuk saat ini wordpress sudah mencapai versi 5, bayangkan untuk versi 5.1 sudah di download 21 juta kali lebih, itu masih versi 5, belum lagi orang yang pakai wordpress versi 4.

berniat membuat blog dengan wordpress.org silakan dibaca tutorial membuat blog wordpress self host ini

BikinBlog.com

Tidak perlu susah payah untuk memecahkan teka-teki SEO. Kamu hanya perlu akal sehat.⁣⁣ Salah satunya: konten berkualitas yang disukai oleh pembaca, sudah pasti disukai oleh Google.⁣⁣

Mungkin Anda juga menyukai

Apa komentar Anda