Apa Itu CDN? Seberapa Pentingkah CDN Untuk Blog

Banyak pemula masih tidak mengerti apa itu CDN. Saya sering melihat pertanyaan terus-menerus ditanya dengan pertanyaan, “Apakah saya masih perlu hosting jika saya mendapatkan CDN?”.

Masih banyak pertanyaan lain yang tak mungkin saya sebutkan satu per satu.
Jadi dalam artikel ini, kami akan berusaha menjelaskan apa itu CDN, manfaat CDN dan mengapa Anda membutuhkan CDN untuk blog WordPress Anda.

Note: Hanya untuk memperjelas, CDN adalah sesuatu yang Anda gunakan selain memiliki web hosting fungsinya membantu mempercepat website atau blog wordpress.

CDN bukan menggantikan hosting. Anda masih perlu memiliki penyedia hosting seperti Niagahoster, SiteGround, Bluehost dll.

APA ITU CDN?

CDN adalah kependekan dari Content Delivery Network yang merupakan jaringan server yang mengirimkan konten statis yang di-cache dari situs website kepada pengunjung berdasarkan lokasi geografis pengguna.

Cukup membingungkan ya? Mari kita jabarkan dengan kata-kata yang lebih sederhana.

Biasanya ketika pengunjung datang ke blog WordPress Anda, mereka akan diarahkan ke server web host Anda (yaitu Niagahoster).

Server hosting Anda terletak di lokasi pusat yaitu Jakarta. Jadi setiap pengunjung di website Anda mengakses server yang satu ini untuk melihat website Anda.

Sekarang jika Anda memiliki volume lalu lintas yang tinggi, maka Anda dapat membebani server Anda yang bisa membuat loading blog jadi lambat atau bahkan server bisa mati.

Di sinilah CDN berguna karena merupakan jaringan server, tetapi yang paling penting server ini tersebar di seluruh dunia.
Ketika Anda menggunakan CDN, konten statis Anda di-cache dan disimpan di semua server CDN.

Konten statis termasuk gambar, stylesheet (file css), javascripts, Flash, dll.

Sekarang ketika pengguna mengunjungi situs Anda (server asli), teknologi CDN mengarahkan mereka ke server terdekat ke lokasi mereka.

Misalnya: Jika server utama Anda di-host di Jakarta dan seseorang pengunjung situs anda dari Singapura, maka mereka akan dialihkan ke server terdekat yang mungkin ada di Singapura.

Ini membatasi jumlah hop internet yang diperlukan untuk mengirimkan file statis ke pengunjung website Anda.

Kedekatan pengguna dengan server website Anda berdampak pada waktu membuka.

Dengan menyebarkan konten Anda di beberapa server yang tersebar secara geografis, Anda dapat membuat halaman website Anda dibuka lebih cepat dari perspektif pengguna.

Ini adalah saatnya CDN bekerja. Dengan kata sederhana, semakin dekat server CDN ke tempat pengguna, semakin cepat pengguna membuka konten Anda.

Mengapa Anda membutuhkan CDN untuk Blog WordPress Anda?

Jika Anda membaca bagian di atas, maka Anda dapat dengan jelas melihat bahwa memiliki CDN dapat membuat dampak besar pada website Anda.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang kami lihat di situs kami dengan menggunakan CDN:

• Kecepatan – Setelah kami mulai menggunakan CDN di situs kami, situs menjadi lebih cepat.
• Crash Resistance – Terima kasih kepada kalian untuk berbagi artikel kami, kami telah menerima banyak lalu lintas dari media sosial di beberapa artikel kami. Jika bukan karena pengaturan CDN dan caching yang tepat , maka situs kami akan macet berkali-kali.

CDN memungkinkan kami untuk mendistribusikan beban ke beberapa server alih-alih memiliki lalu lintas 100% ke server utama kami sehingga mengurangi kemungkinan macet.
• Peningkatan Pengalaman Pengguna – Sejak kami mulai menggunakan CDN, kami telah memperhatikan penurunan tingkat bounce rate di situs kami.

Selain itu, kami juga melihat peningkatan dalam tampilan halaman dan jumlah halaman yang dilihat oleh setiap pengguna. Jadi jelas situs yang cepat berarti dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

• Peningkatan dalam SEO – Google telah dengan jelas menyatakan bahwa situs yang lebih cepat cenderung peringkat lebih tinggi di Mesin Pencari.

Kami perhatikan peringkat beberapa situs kami lebih tinggi begitu kami melakukan optimasi di situs kami.

Kami menggunakan MaxCDN di situs yang kami optimasi, dan mereka luar biasa. Tapi maxCDN berbayar.

Jika anda masih pemula bisa pakai CDN CloudFlare. Mereka memberika cdn gratis untuk blog WordPress Anda.

Selain itu mereka juga menyediakan plugin untuk WordPress jadi sangat mudah menyetingnya.

Bikinblog com (2), bikinblog com/wordpress/ (1)

BikinBlog.com

Tidak perlu susah payah untuk memecahkan teka-teki SEO. Kamu hanya perlu akal sehat.⁣⁣ Salah satunya: konten berkualitas yang disukai oleh pembaca, sudah pasti disukai oleh Google.⁣⁣

Mungkin Anda juga menyukai

Apa komentar Anda